5 Tahun PS Inti Raga Silibet Kayu Putih dan 1 Tahun ASOI Gelar Gebyar Budaya Tradisional

Jakartanetwork.id – Jakarta, Kemeriahan Lima Tahun PS Inti Raga Silibet Kayu Putih dan Satu Tahun Asosiasi Ondel-Ondel Indonesia (ASOI) menggelar Gebyar Budaya Tradisional, digelar di bilangan H Ten Komplek Bulog Jakarta Timur pada, Sabtu (2/12/2023).

30 Pasang Ondel -Ondel, Karnaval, atraksi Seni Budaya Betawi serta ratusan penggiat UMKM turut meriahkan kegiatan Gebyar Budaya Tradisional. Seperti diketahui, pelestarian beragam jenis seni budaya Betawi hingga kini masih terus di dorong oleh para penggiat seni untuk menjaga kelestariannya. Salah satunya PS Inti Raga Silibet Kayu Putih dan ASOI ondel ondel yang diprakarsai hingga kini oleh Dani Silibet.
Kegiatan seni PS Inti Raga Silibet selalu mengikuti perkembangan zaman. Yang artinya, bahwa disetiap kegiatan yang dilakukan terkait dengan seni budaya Betawi, tidak terlepas dari pemberian materi tentang ahlak kepada setiap peserta yang ikut dalam pelatihan PS Inti Raga Silibet. Kegiatan Lima Tahun PS Inti Raga Silibet Kayu Putih dan Satu Tahun Asosiasi Ondel -Ondel Indonesia (ASOI) di dukung oleh Suku Dinas Kebudayaan (Sudin) Jakarta Timur, Dinas Kebudayaan (Disbud) serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta.

Kegiatan berlangsung dihadiri oleh Kasudin Kebudayaan Jakarta Timur, Berkah Shadaya, Serta Wakil Camat Pulogadung, Agus Purwanto serta Tokoh masyarakat penggiat Seni dan Budaya Betawi.
Dani selaku Pembina Silibet mengatakan,” bahwa sejak berdirinya PS Inti Raga Silibet, mau tidak mau, terus mengikuti perkembangan zaman dari waktu ke waktu yang selalu berubah-ubah. Dengan begitu, Pencak Silat Silibet kedepannya diharapkan bisa mendapat perhatian dari masyarakat ibukota, terutama bagi pelaku seni pencak silat Silibet itu sendiri.

PS Inti Raga Silibet telah mendapat pengakuan bahkan penghargaan dunia internasional,” ungkap Dani. Hal itu terbukti dengan kegiatan Pertukaran Budaya yang digelar di Singapura. Kegiatan tersebut kami di undang langsung oleh Perdana Menteri Singapura. Serta puluhan penghargaan yang telah di raih,” jelas Dani.

Dengan beragam kegiatan dan penghargaan skala internasional yang telah diraih, diharapkan agar setiap kegiatan atau pementasan seni budaya perlu mendapat perhatian dari Pemerintah DKI Jakarta serta Pemerintah Pusat.
“Agar semua pihak, termasuk pemerintah DKI Jakarta memberi dukungan yang berarti. Artinya, bahwa setiap kegiatan seni budaya, selain itu di perguruan silat tidak ingin dicampuri dengan urusan bantuan secara politik,” ucap Dani.

Secara tegas Dani menyampaikan,” PS Inti Raga Silibet, tetap berpegang teguh dengan azas-azas budaya betawi dan tidak ingin di “masuki” oleh unsur-unsur yang “berbau” politik,” tutupnya.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

The Grove Suites by GRAND ASTON Unveils Exclusive New Year Packages Happy New Year

Sen Des 4 , 2023
Jakartanetwork.id, Jakarta, 01 December 2023 – The Grove Suites by GRAND ASTON emerges as the premier choice for a year-end holiday escape. Offering an unparalleled experience to conclude the year, the hotel ensures an exclusive evening filled with diverse activities and exciting door prizes, all thoughtfully crafted to welcome your […]
Resizer 17016742832791

You May Like