Warga Dilarang Dekati Puncak Gunung Dempo

Pagar Alam: Status Gunung Api Dempo di Pagar Alam, Sumatera Selatan masih waspada, warga pun dilarang mendekati puncak gunung karena masih berbahaya.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dempo Megian Nugraha menjelaskan, berdasarkan hasil pengamatan baru-baru ini, belum ada peningkatan aktivitas vulkanik dari gunung tersebut.

“(Tapi, red) masyarakat, pengunjung, wisatawan tidak boleh mendekati dan bermalam di pusat aktivitas kawah api Gunung Dempo dalam radius 1 km, mengingat kawah sebagai pusat letusan dan gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan,” tegas Nugraha sebagaimana disampaikannya melalui situs MAGMA-VAR (Volcanic Activity Report), dikutip rri.co.id, Sabtu (5/3/2022).

Dia menjelaskan, saat ini cuaca di sekitar gunung yang memiliki ketinggian 3.173 meter di atas permukaan laut (mppl) ini berawan, cenderung mendung.

“Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara dan selatan. Suhu udara 17 hingga 29 °C,” imbuhnya.

Sementara secara visual, tambah dia, gunung yang dikelilingi tiga wilayah, yakni Lahat, Empat Lawang dan Pagaralam ini terlihat jelas.

“Kabut 0-II, hingga kabut 0-III. Asap kawah nihil,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran Bertambah

Ming Mar 6 , 2022
Jakarta: Jumlah pasien Covid-19 menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, bertambah. Berdasarkan data hari ini, penambahan jumlah pasien terjadi sebanyak 153. “Pasien rawat inap berjumlah 2.311 orang, semula 2.158 orang,” kata pegawai harian lepas (PHL) Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Septiono Prayogo, Sabtu […]

You May Like